Pentingnya Pemberian MP-ASI

Tumbuh kembang anak yang optimal memerlukan asupan makanan bergizi. Keberhasilan anak di masa depan dipengaruhi oleh asupan gizi di masa “Golden Age” (0-5 tahun). Selain ASI yang merupakan makanan wajib di usia 0-6 bulan, pemberian makanan padat pendamping ASI (MP-ASI) dapat dimulai ketika bayi berumur 6 bulan. Pemberian MP-ASI ini diperlukan karena meningkatnya kebutuhan gizi yang tidak bisa dipenuhi hanya dari pemberian ASI saja. Secara umum ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih MP-ASI : Alami dan Bukan Instan MP-ASI seyogyanya dipilih dari bahan alami dan organik, bukan yang instan, agar tidak mengacaukan pencernaan bayi yang baru belajar mencerna.



BERSIH DAN BEBAS BAHAN BERBAHAYA

Bahan MP-ASI haruslah dari bahan makanan yang terjamin, bebas bahan berbahaya seperti; pestisida, bahan-bahan tambahan misalnya gula, garam, MSG, pewarna dan perisa makanan. Jagalah kebersihan badan dan lingkungan pada saat mempersiapkan dan memberikan MP-ASI. Gizi yang Seimbang MP-ASI haruslah mengandung gizi yang diperlukan bayi dalam proses tumbuh kembangnya, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Sumber Karbohidrat dapat diperoleh dari padi-padian (beras, gandum, jali-jali), biji-bijian (jagung, kacang hijau, kacang merah, kedelai), dan buah buahan yang mengandung pati (pisang, sukun). Sumber Protein dapat berasal dari protein nabati seperti dari kacang-kacangan (kedelai, kacang hijau, kacang merah, tolo dan kapri). Sedangkan protein hewani dapat diperoleh dari daging ayam, bebek, ikan, sapi, telur dan susu. Sumber Lemak dapat berasal dari daging, ikan, telur, susu, minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian dan kelapa.



CARA PEMBERIAN MP-ASI

Cara memberikan MP-ASI dilakukan senyaman mungkin bagi bayi. Jangan memaksa agar sang bayi dapat menikmatinya. Ciptakan suasana yang menyenangkan agar dapat menambah nafsu makannya. Jumlah dan porsi makanan yang diberikan secukupnya saja. Jadwal waktu makan fleksibel, sebaiknya saat bayi lapar dimana saluran pencernaannya lebih siap. Berikan makanan hangat dan minuman suam-suam kuku dengan tekstur lembut atau cair seperti bubur susu / bubur buah. Tekstur dan konsistensi yang lebih kental atau padat dapat diberikan pada usia 9-12 bulan. Di usia 12-24 bulan, bayi sudah dapat dikenalkan dengan makanan keluarga.



MANFAAT PEMBERIAN MP-ASI

Selain bermanfaat dalam pemenuhan gizi bayi untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasannya, pemberian MP-ASI juga merangsang keterampilan makan dan keterampilan motorik, serta meningkatkan kemampuan pencernaan bayi dan rasa percaya diri.

Filed under Acara